Jumat, 27 Januari 2012

CARA MEMBUAT BLOG



Setelah kemarin kita belajar membuat email sekarang dengan modal email tersebut kita bisa membuat blog di blogspot atau blogger, wordpress atau di penyedia blog gratis lainnya.
Salah satu penyedia layanan blog gratis adalah blogger dengan produknya blogspot, dan merupakan anak perusahaan Google.com. Dengan mendaftar di blogger anda akan mendapatkan sebuah atau beberapa blog dengan alamat http://nama-anda.blogspot.com atau http://terserah-anda.blogspot.com.
Nah…dari sini kita akan mulai cara membuat blog di blogspot, karena kemudahan editing blog-nya.
#1. Buka browser anda (Firefox, Opera, Chrome dll ), lalu pada address bar ketik www.blogger.com.
#2. Pilih penggunaan bahasa pengantar-nya, lihat pada layar kanan atas ada pilihan penggunaan bahasa pilih Indonesia aja.
#3. Klik pada tombol Buat Blog, akan muncul formulir Ciptakan Sebuah Akun Google.
#4. Dikarenakan anda sudah mempunyai Akun di Google maka anda tidak usah mengisi formulir pendaftaran untuk mendaftar akun baru lagi. Akun Email Gmail anda bisa digunakan sebagai alat untuk mendaftar blog di blogspot, caranya dengan klik di SLogin Akun Terlebih Dahulu.
#5. Masukkan email dan password pada kotak Google Akun, akhiri dengan klik Masuk.
#6. Muncul halaman Beri Nama Blog Anda, isi Form Judul Blog, lalu isi Alamat Blog (URL) sesuai dengan nama blog yang akan anda buat (sesuai selera). lanjutkan dengan Klik di Cek ketersediaan, dengan maksud untuk menge-cek apakah nama Alamat Blog tersebut sudah ada yang memakai atau belum, kalau sudah ada yang memakai akan muncul text merah “Maaf, alamat blog ini tidak tersedia” lalu ganti alamat blognya, kalau belum ada yang menggunakan akan muncul text hijau Alamat blog ini tersedia.
#7. Isi kotak Verifikasi Kata seperti gambar huruf yang ada diatas, lalu klik di Lanjutkan.
#8. Jika lancar tanpa kesalahan, anda dibawa pada menu Pilih Sebuah Template, ini nantinya akan menjadi warna baju atau desain standart blog anda. Pilih salah satu desain blog, kalau sudah yakin dengan pilihan templatenya klik di Lanjutkan.
#9. Akan ada keterangan BLOG ANDA SUDAH JADI.
Untuk memulai menulis, memposting, editing, mendesain awal di blog silahkan klik di MULAI BLOGGING.
Selamat anda sudah mempunyai blog dan  selamat berblogging… ria.  Jika ada kesulitan cara membuat blog di blogspot silahkan sampaikan kesulitan anda lewat kolom komentar, senang sekali berbagi dengan anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar